Pentingnya sebuah jaringan dalam melakukan bisnis, menjadikan hal tersebut berada di atas pentingnya keberadaan produk itu sendiri. Saat pelaku usaha hendak memulai bisnisnya, meski belum memiliki produk, dirinya mesti membentuk terlebih dahulu jaringan pasar yang ada pada lingkungan terdekatnya.
Dengan melakukan hal tersebut, dirinya telah memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar dan tanpa disadari telah menjadi raja lokal. Setelah memiliki basis yang kuat, barulah melakukan pengembangan bisnis.
Hal ini merupakan faktor penting agar bisnis bisa terus dikembangkan, karenanya mesti menjadi perhatian para pelaku usaha, baik itu yang memiliki skala mikro, kecil, menengah (UMKM), maupun yang sudah besar dan mapan sebagai berikut :
JARINGAN PEMASARAN
- Bentuk komunikasi
- Bentuk kerjasama
- Bentuk komitmen dengan orang lain untuk mencapai target pasar dan memperluas pasar
Dalam membentuk sebuah jaringan pasar meski pada lingkungan terdekat bukan merupakan perkara mudah. Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha agar mereka bisa merebut jaringan pasar pada lingkungan terdekat dan menjadi raja lokal. Satu di antaranya yakni membentuk pasar yang memang memiliki kekuatan dan tidak rapuh.
Pada saat memulai bisnis, para pelaku usaha dapat membentuk jaringan pada skala yang terkecil seperti contohnya keluarga atau siapapun yang masih memiliki hubungan kerabat. Selain itu, potensi yang seringkali dilupakan adalah teman–teman para pelaku usaha. Padahal mereka dapat dijadikan sebagai langkah awal ketika para pelaku usaha membentuk sebuah jaringan. Baca juga : Tehnik-marketplace-yang-wajib-diskon
Fenomena menarik yang ada saat ini ialah muncul berbagai komunitas yang dapat menjadi potensi besar bagi para pelaku usaha untuk dimanfaatkan sebagai peluang dalam memajukan bisnisnya. Semoga Bermanfaat.
Comments
Post a Comment
TERIMAKASIH KEPADA ANDA JIKA BERKENAN BERKOMENTAR BLOG INI.....