Teori Berbasis Sumber Daya
Teori berbasis sumber daya menyatakan bahwa kepemilikan sumber daya strategis memberi organisasi peluang emas untuk mengembangkan keunggulan kompetitif atas pesaingnya.
Jenis Sumber Daya
Sumber daya berharga hingga membantu perusahaan menciptakan strategi unik yang memanfaatkan peluang dan mengurangi ancaman. Sumber daya tidak dapat disubstitusikan ketika cara alternatif untuk mendapatkan manfaat yang disediakan sumber daya tidak mungkin diperoleh. sumber daya yang langka memberikan keuntungan strategis kepada perusahaan yang memilikinya.
Pesaing merasa sulit untuk menggandakan sumber daya yang sulit untuk ditiru. Beberapa di antaranya dilindungi oleh berbagai cara hukum, termasuk merek dagang, paten, dan hak cipta.
Teori berbasis sumber daya juga berfokus pada pahala pepatah lama "keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya". Sumber daya strategis dapat dibuat oleh berbagai strategi dan sumber daya, menggabungkannya bersama-sama dengan cara yang tidak dapat disalin. membedakan sumber daya strategis dari sumber daya lain adalah penting. Uang tunai adalah sumber penting. Barang-barang berwujud, termasuk mobil dan rumah juga merupakan sumber daya vital.
Dari Sumber Daya hingga Kemampuan
Wujud sumber daya perusahaan adalah pertimbangan penting dalam teori berbasis sumber daya. sumber daya yang nyata adalah sumber daya yang dapat memiliki kehadiran fisik. Aset, pabrik, dan peralatan perusahaan, serta uang tunai, adalah sumber daya nyata.
Sebaliknya, sumber daya tak berwujud tidak hadir secara fisik. pengetahuan dan keterampilan karyawan, reputasi perusahaan, dan budaya perusahaan adalah sumber daya tak berwujud.
Kemampuan adalah konsep kunci lain. Sumber daya mengacu pada apa yang dimiliki oleh suatu organisasi, kemampuan mengacu pada apa yang dapat dilakukan oleh organisasi. kemampuan sering muncul dari waktu ke waktu sementara perusahaan mengambil tindakan yang membangun sumber daya strategisnya.
Beberapa perusahaan mengembangkan kemampuan dinamis, di mana perusahaan memiliki kemampuan unik untuk menciptakan kemampuan baru untuk mengikuti perubahan lingkungannya.
Kemampuan Dinamis GE dan Coca Cola
General Electric, misalnya, membeli dan menjual perusahaan untuk mempertahankan kepemimpinan pasarnya dari waktu ke waktu, sementara Coca-Cola dikenal untuk membangun merek dan produk baru seiring perubahan pasar minuman ringan. Kedua perusahaan ini termasuk dalam lima belas teratas di antara "Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia".
Pentingnya Bauran Pemasaran
Memanfaatkan sumber daya dan kemampuan untuk menciptakan produk dan layanan yang diinginkan adalah penting. Bauran pemasaran — juga dikenal sebagai empat Ps pemasaran — memberikan wawasan penting tentang cara meyakinkan pelanggan untuk membeli barang dan jasa. Baca juga Kekayaan-intelektual-harus-diperkuat
Comments
Post a Comment
TERIMAKASIH KEPADA ANDA JIKA BERKENAN BERKOMENTAR BLOG INI.....