JENIS MANAJEMEN STRATEGIS

Manajemen strategis - Jenis

Dalam lingkungan yang stabil dan dapat diprediksi, perencanaan strategis dapat memungkinkan organisasi untuk mencapai, mengelola dan mempertahankan kesuksesan. Tetapi dalam situasi dunia nyata, hanya beberapa organisasi dan eksekutif mereka yang mengalami situasi stabil dan dapat diprediksi. itulah mengapa penting untuk memahami konsep strategi yang dimaksudkan, muncul, dan direalisasikan. Demikian pula, strategi yang disengaja dan tidak disadari juga penting.

Strategi yang Dituju
Strategi yang dimaksudkan berkaitan dengan niat organisasi. ini adalah strategi yang diharapkan oleh organisasi di pasar untuk dieksekusi. Oleh karena itu, strategi yang dimaksudkan sering dijelaskan secara rinci dalam rencana strategis organisasi. Rencana strategis yang dibuat untuk perusahaan baru dikenal sebagai rencana bisnis. rencana ini merupakan strategi kasar yang berniat menjaga organisasi tetap di jalurnya. Oleh karena itu, strategi yang dimaksudkan.

Strategi yang Diminta FedEx
Frederick Smith, seorang mahasiswa sarjana di Yale pada tahun 1965, memiliki tugas untuk menyiapkan rencana bisnis untuk sebuah perusahaan sebagai penugasan. rencananya adalah jasa kurir. Smith telah menggambarkan sistem pengiriman baru yang dibuat efektif dengan mengirimkan paket melalui hub pusat dan kemudian mengirimkan paket-paket ini ke tujuan mereka.

smith sangat menyukai ide itu sehingga dia memulai Federal Express (FedEx) yang mengikuti rencana bisnis yang dia siapkan sebagai proyek. Hari ini, Frederick Smith memiliki kekayaan lebih dari $ 2 miliar, dan FedEx adalah kedelapan Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia seperti yang dijelaskan oleh majalahFortune. jadi, kita dapat mengatakan bahwa strategi yang dimaksudkan Smith telah bekerja jauh lebih efektif daripada yang bisa dia impikan.

Strategi Muncul
Strategi yang muncul adalah strategi yang muncul seiring berjalannya waktu. ini adalah strategi yang tidak direncanakan yang diciptakan oleh organisasi ketika bertindak sebagai tanggapan terhadap berbagai ancaman, peluang, dan tantangan yang tidak terduga. Strategi yang muncul juga bersifat dinamis. strategi yang muncul dapat menghasilkan keberhasilan dan kegagalan tergantung pada efektivitas strategi. Berikut ini adalah contoh strategi yang gagal muncul.

Kegagalan Strategi Emergensi ZapMail FedEx
pada pertengahan 1980-an, FedEx menjauh dari strategi yang dimaksudkan untuk fokus pada pengiriman paket untuk menghasilkan uang dari teknologi baru dan yang baru muncul: mesin faksimili (faks). fedEx mengembangkan layanan baru, yang dikenal sebagai ZapMail, di mana dokumen dikirim melalui faks antara kantor FedEx dan kemudian dikirim ke kantor pelanggan. Sistem ZapMails telah diganggu oleh gangguan teknis yang hanya membuat pelanggan frustrasi. zapMail dihentikan sebelum lama, dan perusahaan kehilangan ratusan juta dolar.

Strategi yang Diwujudkan
Strategi yang disadari adalah strategi nyata dan praktis. Ini adalah strategi yang benar-benar diikuti oleh perusahaan. strategi yang direalisasikan sering merupakan produk sampingan dari strategi yang dimaksudkan organisasi (yaitu, rencana perusahaan), strategi yang disengaja perusahaan (yaitu, bagian dari strategi yang dimaksudkan bahwa organisasi terus mengejar dari waktu ke waktu), dan strategi yang muncul (yaitu , apa yang dilakukan perusahaanMenanggapi peluang dan tantangan yang tidak terduga).Namun, dalam banyak kasus lain, strategi yang semula dimaksudkan oleh perusahaan hilang selama perjalanannya. Bagian yang ditinggalkan dari strategi asli dan yang dimaksudkan dikenal sebagai strategi yang tidak disadari. Berikut ini adalah contoh strategi yang tidak terealisasi.

Keberhasilan Strategi yang Tidak Terwujud di Avon
David McConnell adalah seorang penulis yang bercita-cita dan berjuang mencari untuk menjual buku-bukunya. Dia memutuskan untuk menawarkan parfum gratis dengan buku-bukunya. Buku McConnell tidak pernah merasakan kesuksesan, tetapi parfumnya menjadi populer. The California Perfume Company lahir, yang sekarang dikenal sebagai Avon. Bagi McConnell, strategi yang tidak disadari untuk menjadi penulis yang sukses tidak pernah terbentuk, tetapi melalui Avon, strategi realisasi yang sangat sukses berevolusi.

Jejaring sosial
Konsep asli pemilik Facebook Mark Zuckerberg pada tahun 2003 adalah biasa-biasa saja. ia menciptakan "FaceMash" di mana daya tarik wanita muda dapat dipilih. Kemudian menjadi jaringan sosial online yang disebut The Facebook yang hanya untuk siswa Harvard.

Itu menjadi sangat populer, dan diubah menjadi Facebook, untuk digunakan oleh semua orang. Penekanan facebook dalam membangun lingkaran teman berbeda dari konsep asli Zuckerberg yang rendah semangat. Faktanya, strategi yang muncul dan disadari Zuckerberg ternyata jauh lebih efektif daripada strategi yang dimaksudkan. Baca juga Cara-menganalisa-lingkungan-internal


Comments

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SIULAN TRIBUN MANIA ||| siulantribunmania@gmail.com

☇POPULAR POST

AL-GHAZALI DAN JIDAT HITAM

MAN ARAFAH NAFSAHU FAKAD ARAFAH RABBAHU

SELAMAT ULANG TAHUN , OM CHARLES!

JALALUDDIN RUMI MENGGAPAI CINTA ILAHI DENGAN MENARI

MBAH MAIMOEN ZUBAIR WALIYULLAH ASAL TANAH JAWA (2)

👀FOLLOWERS