METODE KOMPENSASI AFFILIASI MARKETER


Metode kompensasi yang dominan
Delapan puluh persen program afiliasi saat ini menggunakan bagi hasil atau membayar per penjualan (PPS) sebagai metode kompensasi, sembilan belas persen menggunakan biaya per tindakan (BPA), dan program yang tersisa menggunakan metode lain seperti biaya per klik (BPK) atau biaya per mille (BPS, biaya per perkiraan 1000 penayangan). [Rujukan?]

Metode kompensasi yang berkurang
Dalam pasar yang lebih matang, kurang dari satu persen program pemasaran afiliasi tradisional saat ini menggunakan biaya per klik dan biaya per mille. Namun, metode kompensasi ini banyak digunakan dalam iklan bergambar dan pencarian berbayar.
Biaya per mille hanya mengharuskan penerbit membuat iklan tersedia di situs webnya dan menampilkannya ke pengunjung halaman agar bisa menerima komisi. Bayar per klik memerlukan satu langkah tambahan dalam proses konversi untuk menghasilkan pendapatan bagi penerbit : Pengunjung tidak hanya harus disadarinya akan iklannya, namun juga harus mengklik iklan tersebut untuk mengunjungi situs web pengiklan.
Biaya per klik lebih sering terjadi pada hari-hari awal pemasaran afiliasi, namun telah berkurang penggunaannya seiring waktu karena masalah klik penipuan sangat mirip dengan masalah penipuan klik yang sedang dihadapi oleh mesin pencari modern saat ini. Program periklanan kontekstual tidak dipertimbangkan dalam statistik yang berkaitan dengan berkurangnya penggunaan biaya per klik, karena tidak pasti apakah periklanan kontekstual dapat dianggap sebagai pemasaran afiliasi.
Sementara model ini telah berkurang dalam pasar e-commerce dewasa dan pasar iklan online, iklan tersebut masih banyak beredar di beberapa industri yang baru lahir. Cina adalah salah satu contoh di mana Affiliate Marketing tidak terang-terangan menyerupai model yang sama di Barat. Dengan banyak afiliasi dibayar dengan "Cost Per Day" datar dengan beberapa jaringan yang menawarkan Biaya Per Klik atau BPS.

Kinerja / Affiliate marketing
Dalam kasus biaya per mille / klik, penerbit tidak peduli tentang pengunjung yang menjadi anggota audiens yang pengiklan mencoba untuk menarik dan dapat berkonversi, karena pada saat ini penerbit telah mendapatkan komisi. Ini membuat semakin besar, dan, jika terjadi biaya per mille, risiko dan kerugian penuh (jika pengunjung tidak dapat dikonversi) ke pengiklan.
Metode biaya per tindakan / penjualan mengharuskan pengunjung yang dimaksud melakukan lebih dari sekadar mengunjungi situs web pengiklan sebelum afiliasi menerima komisi. Pengiklan harus mengonversikan pengunjung itu terlebih dahulu. Hal ini demi kepentingan terbaik bagi afiliasi untuk mengirim lalu lintas yang paling dekat ke pengiklan sesering mungkin untuk meningkatkan kemungkinan konversi. Risiko dan kerugian dibagi antara afiliasi dan pengiklan.
Pemasaran afiliasi juga disebut "pemasaran kinerja", yang mengacu pada bagaimana karyawan penjualan biasanya diberi kompensasi. Karyawan semacam itu biasanya membayar komisi untuk setiap penjualan yang mereka tutup, dan kadang-kadang insentif kinerja dibayar untuk melebihi tujuan. Afiliasi tidak dipekerjakan oleh pengiklan yang produk atau layanan yang mereka promosikan, namun model kompensasi yang diterapkan pada pemasaran afiliasi sangat mirip dengan yang digunakan orang-orang di departemen penjualan internal pengiklan.
Ungkapan, "Afiliasi adalah tenaga penjualan yang diperluas untuk bisnis Anda", yang sering digunakan untuk menjelaskan pemasaran afiliasi, tidak sepenuhnya akurat. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa pemasar afiliasi sedikit memberi sedikit pengaruh pada kemungkinan prospek dalam proses konversi begitu prospek diarahkan ke situs web pengiklan. Namun, tim penjualan pengiklan memiliki kontrol dan penguasaan sampai pada titik di mana calon pelanggan menandatangani kontrak atau menyelesaikan pembelian.

Program multi-tier
Beberapa pengiklan menawarkan program multi-tier yang mendistribusikan komisi ke jaringan rujukan hirarkis untuk pendaftaran dan sub-mitra. Secara praktis, penerbit "A" mendaftar ke program tersebut dengan pengiklan dan mendapat penghargaan atas kegiatan yang telah disepakati yang dilakukan oleh pengunjung yang dimaksud. Jika penerbit "A" menarik penerbit "B" dan "C" untuk mendaftar ke program yang sama dengan menggunakan kode pendaftarannya, semua aktivitas masa depan yang dilakukan oleh penerbit "B" dan "C" akan menghasilkan komisi tambahan (di bagian yang lebih rendah Rate) untuk penerbit "A".
Program two-tier ada dalam minoritas program afiliasi; Kebanyakan hanya satu tingkat. Program rujukan di luar dua tingkat menyerupai pemasaran multi level (MLM) atau pemasaran jaringan namun berbeda: Asosiasi pemasaran multi level (MLM) atau jaringan pemasaran cenderung memiliki persyaratan / kualifikasi komisi yang lebih kompleks daripada program afiliasi standar. [Rujukan?]

Dari sisi pengiklan. Keuntungan bagi pedagang
Pedagang menyukai pemasaran afiliasi karena dalam kebanyakan kasus menggunakan model "bayar untuk kinerja", yang berarti pedagang tidak dikenakan biaya pemasaran kecuali jika hasil diakumulasikan (tidak termasuk biaya penyiapan awal).

Pilihan implementasi
Beberapa pedagang menjalankan program afiliasi mereka sendiri (in-house) dengan menggunakan perangkat lunak khusus, sementara yang lain menggunakan perantara pihak ketiga untuk melacak lalu lintas atau penjualan yang dirujuk dari afiliasi. Ada dua jenis metode pengelolaan afiliasi yang digunakan oleh pedagang: perangkat lunak mandiri atau layanan host, yang biasanya disebut jaringan afiliasi. Pembayaran ke afiliasi atau penerbit dapat dilakukan oleh jaringan atas nama pedagang, oleh jaringan, yang dikonsolidasikan ke semua pedagang tempat penerbit memiliki hubungan dengan dan memperoleh komisi atau langsung oleh pedagang itu sendiri.

Manajemen afiliasi dan manajemen program outsourcing
Program afiliasi yang tidak terkontrol membantu afiliasi nakal, yang menggunakan spamming, pelanggaran merek dagang, iklan palsu, isian kue, typosquatting, dan metode tidak etis lainnya yang telah memberi afiliasi pemasaran reputasi negatif.


Jenis situs afiliasi
Bagian ini mungkin berisi penelitian asli. Tolong perbaiki dengan memverifikasi klaim yang dibuat dan menambahkan kutipan sebaris. Pernyataan yang hanya terdiri dari penelitian asli harus dihapus. (Februari 2014) (Pelajari bagaimana dan kapan harus menghapus pesan template ini).
Situs afiliasi sering dikategorikan oleh merchant (pengiklan) dan jaringan afiliasi. Saat ini tidak ada standar usaha industri untuk kategorisasi. Jenis situs berikut generik, namun umumnya dipahami dan digunakan oleh pemasar afiliasi.
Cari afiliasi yang memanfaatkan mesin telusur bayar per klik untuk mempromosikan penawaran pengiklan (yaitu, arbitrasi penelusuran)
  1. Website dan layanan perbandingan harga
  2. Website loyalitas, biasanya ditandai dengan memberikan reward atau sistem insentif untuk pembelian via points, miles, cash back
  3. Penyebab Pemasaran Terkait situs yang menawarkan sumbangan amal
  4. Situs kupon dan rabat yang berfokus pada promosi penjualan
  5. Situs konten dan ceruk pasar, termasuk situs ulasan produk
  6. Situs pribadi
  7. Feed sindikasi Weblog dan situs web
Daftar afiliasi pemasaran e-mail (yaitu, pemilik daftar opt-in -mail besar yang biasanya menggunakan pemasaran drip e-mail) dan afiliasi daftar buletin, yang biasanya ditujukan lebih pada konten-berat.
Jalur pendaftaran atau afiliasi pendaftaran bersama yang menyertakan penawaran dari pedagang lain selama proses registrasi di situs mereka sendiri.
Direktori belanja yang mencantumkan pedagang berdasarkan kategori tanpa memberikan kupon, perbandingan harga, atau fitur lainnya berdasarkan informasi yang sering berubah, sehingga memerlukan pembaruan berkelanjutan.
Jaringan biaya per tindakan (yaitu, afiliasi tingkat atas) yang mengekspos penawaran dari pengiklan yang berafiliasi dengan jaringan afiliasi mereka sendiri.
Situs web yang menggunakan adbars (misalnya AdSense) untuk menampilkan iklan sensitif konteks untuk produk di situs.
Mata uang virtual yang menawarkan tampilan iklan dengan imbalan selebaran mata uang virtual dalam game atau platform virtual lainnya.
File-Sharing: Situs web yang menjadi tuan rumah direktori musik, film, game dan perangkat lunak lainnya. Pengguna mengunggah konten ke situs hosting file, dan kemudian memposting deskripsi materi dan tautan unduhan mereka di situs direktori. Pengunggah dibayar oleh situs hosting file berdasarkan berapa kali file mereka diunduh. Situs file-hosting menjual akses download premium ke file ke masyarakat umum. Situs web yang meng-host layanan direktori menjual iklan dan tidak meng-host file itu sendiri.
Situs web video sharing: Video YouTube sering dimanfaatkan oleh afiliasi untuk melakukan pemasaran afiliasi. Seseorang akan membuat video dan menempatkan tautan ke produk afiliasi yang mereka promosikan di video itu sendiri dan dalam deskripsi.

Rekrutmen publisher
Jaringan afiliasi yang sudah memiliki beberapa pengiklan biasanya juga memiliki kumpulan penerbit yang besar. Penayang iklan ini berpotensi direkrut, dan ada juga kemungkinan bahwa penayang di jaringan menerapkan program mereka sendiri, tanpa memerlukan upaya perekrutan oleh pengiklan.
Situs web yang relevan yang menarik khalayak target yang sama dengan pengiklan tapi tanpa bersaing dengan itu adalah mitra afiliasi potensial. Vendor atau pelanggan lama juga bisa menjadi rekrutan jika melakukan hal itu masuk akal dan tidak melanggar undang-undang atau peraturan (seperti skema piramida).
Hampir semua situs web dapat direkrut sebagai penayang afiliasi, namun situs lalu lintas yang tinggi cenderung tertarik pada biaya per risiko rendah atau biaya berisiko menengah per klik daripada biaya per tindakan atau pendapatan berisiko tinggi berbagi kesepakatan.


Menemukan program afiliasi
Ada tiga cara utama untuk menemukan program afiliasi untuk situs target :
  1. Direktori program afiliasi,
  2. Jaringan afiliasi besar yang menyediakan platform untuk puluhan atau bahkan ratusan pengiklan, dan
  3. Situs target itu sendiri. (Situs web yang menawarkan program afiliasi sering memiliki tautan berjudul "program afiliasi", "afiliasi", "program rujukan", atau "webmaster" - biasanya di bagian footer atau "About" di situs web).
Jika lokasi di atas tidak menghasilkan informasi yang berkaitan dengan afiliasi, mungkin kasusnya ada program afiliasi non-publik. Memanfaatkan salah satu metode korelasi situs web yang umum dapat memberikan petunjuk tentang jaringan afiliasi. Metode yang paling pasti untuk menemukan informasi ini adalah menghubungi pemilik situs secara langsung, jika metode kontak dapat ditemukan.

Masalah masa lalu dan terkini
Sejak munculnya affiliate marketing, hanya ada sedikit kontrol atas aktivitas affiliasi. Afiliasi yang tidak bermoral telah menggunakan spam, iklan palsu, klik paksa (untuk mendapatkan cookie pelacakan yang disetel pada komputer pengguna), adware, dan metode lain untuk mengarahkan lalu lintas ke sponsor mereka. Meskipun banyak program afiliasi memiliki persyaratan layanan yang mengandung aturan melawan spam, metode pemasaran ini terbukti secara historis dapat menarik penyalahgunaan dari spammer.

Spam e-mail
Pada masa pertumbuhan pemasaran afiliasi, banyak pengguna internet memiliki opini negatif karena kecenderungan afiliasi menggunakan spam untuk mempromosikan program di mana mereka terdaftar. [25] Seiring pemasaran afiliasi matang, banyak pedagang afiliasi telah memperbaiki syarat dan ketentuan mereka untuk melarang afiliasi melakukan spamming.

Spam mesin pencari
Seiring mesin pencari menjadi lebih menonjol, beberapa pemasar afiliasi telah beralih dari mengirim spam e-mail untuk membuat halaman web yang dibuat secara otomatis yang sering berisi umpan data produk yang disediakan oleh pedagang. Tujuan halaman web tersebut adalah untuk memanipulasi relevansi atau keunggulan sumber daya yang diindeks oleh mesin pencari, yang juga dikenal sebagai spamdexing. Setiap halaman dapat ditargetkan ke ceruk pasar yang berbeda melalui penggunaan kata kunci tertentu, dengan hasilnya menjadi bentuk miring dari optimasi mesin pencari.

Spam
Spam adalah ancaman terbesar bagi mesin pencari organik, yang tujuannya adalah untuk memberikan hasil pencarian yang berkualitas untuk kata kunci atau frasa yang dimasukkan oleh pengguna mereka. Pembaruan algoritme Google PageRank ("BigDaddy") pada bulan Februari 2006 - tahap akhir dari pembaruan besar Google ("Jagger") yang dimulai pada pertengahan musim panas 2005 - spamdexing yang ditargetkan secara khusus dengan sukses besar. Pembaruan ini memungkinkan Google menghapus sejumlah besar konten duplikat yang dihasilkan komputer dari indeksnya.

Konten Berkualitas Sangat Kurang
Situs web yang sebagian besar terdiri dari tautan afiliasi sebelumnya memiliki reputasi negatif untuk konten berkualitas sangat kurang. Pada tahun 2005 ada perubahan aktif yang dilakukan oleh Google, di mana beberapa situs web diberi label sebagai "afiliasi tipis". Situs web semacam itu dibuang dari indeks Google atau dipindahkan ke halaman hasil (yaitu, pindah dari hasil paling atas ke posisi yang lebih rendah). Untuk menghindari kategorisasi ini, webmaster pemasar afiliasi harus menciptakan konten berkualitas di situs web mereka yang membedakan pekerjaan mereka dari karya spammer atau peternakan spanduk, yang hanya berisi tautan yang mengarah ke situs pedagang.



Komentator
Beberapa komentator awalnya menyarankan agar tautan afiliasi bekerja paling baik dalam konteks informasi yang terdapat dalam situs web itu sendiri. Misalnya, jika sebuah situs web berisi informasi yang berkaitan dengan penerbitan sebuah situs web, sebuah tautan afiliasi yang mengarah ke penyedia layanan internet merchant (ISP) dalam konten situs web tersebut akan sesuai. Jika sebuah situs web berisi informasi yang berkaitan dengan olahraga, tautan afiliasi yang mengarah ke situs barang olahraga dapat berjalan dengan baik dalam konteks artikel dan informasi tentang olahraga. Tujuan dalam kasus ini adalah untuk mempublikasikan informasi berkualitas di dalam situs web dan memberikan tautan berorientasi konteks ke situs web merchant yang terkait.

Namun, contoh yang lebih baru ada dari situs afiliasi "kurus" yang menggunakan model pemasaran afiliasi untuk menciptakan nilai bagi Konsumen dengan menawarkan layanan kepada mereka. Layanan konten tipis Afiliasi dibagi menjadi tiga kategori:
  1. Perbandingan harga
  2. Penyebab pemasaran terkait
  3. Hemat waktu

Penanggulangan konsumen
Implementasi pemasaran afiliasi di internet sangat bergantung pada berbagai teknik yang ada dalam desain banyak halaman web dan situs web, dan penggunaan panggilan ke domain eksternal untuk melacak tindakan pengguna (pelacakan klik, Ad Sense) dan untuk melayani sampai pada Konten (periklanan) kepada pengguna. Sebagian besar aktivitas ini menambahkan waktu [rujukan?] Dan umumnya merupakan gangguan bagi peselancar web biasa dan dipandang sebagai kekacauan visual. Berbagai tindakan pencegahan telah berevolusi dari waktu ke waktu untuk mencegah atau menghilangkan tampilan iklan saat web- Halaman diberikan Program pihak ketiga (Ad-Aware, Adblock Plus, Spybot, penghambat pop-up, dll.) Dan khususnya, penggunaan file HOSTS yang komprehensif dapat secara efektif menghilangkan kekacauan visual dan waktu dan bandwidth tambahan yang dibutuhkan untuk membuat banyak halaman web. Penggunaan entri spesifik dalam file HOSTS untuk memblokir domain pemasaran dan pelacakan klik yang terkenal dan terus-menerus ini juga dapat membantu mengurangi paparan sistem terhadap perangkat lunak perusak dengan mencegah konten periklanan atau server pelacakan yang terinfeksi untuk menjangkau peramban web pengguna. . [Rujukan?]
Adware
Meski berbeda dari spyware, adware sering menggunakan metode dan teknologi yang sama. Pedagang awalnya tidak mengetahui tentang adware, dampaknya, dan bagaimana hal itu bisa merusak merek mereka. Pemasar afiliasi menyadari masalah ini dengan lebih cepat, terutama karena mereka menyadari bahwa adware sering kali menimpa pelacakan cookie, sehingga mengakibatkan penurunan komisi. Afiliasi yang tidak menggunakan adware merasa bahwa mereka mencuri komisi dari mereka. Adware sering tidak memiliki tujuan yang berharga dan jarang memberikan konten yang bermanfaat bagi pengguna, yang biasanya tidak menyadari bahwa perangkat lunak tersebut diinstal di komputernya.

Afiliasi membahas isu-isu di forum internet dan mulai mengatur usaha mereka. Mereka percaya bahwa cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencegah pedagang dari iklan melalui adware. Pedagang yang acuh tak acuh terhadap atau mendukung adware terkena oleh afiliasi, sehingga merusak reputasi pedagang tersebut dan menodai upaya pemasaran afiliasi mereka. Banyak afiliasi menghentikan penggunaan pedagang semacam itu atau beralih ke program afiliasi pesaing. Akhirnya, jaringan afiliasi juga dipaksa oleh pedagang dan afiliasinya untuk mengambil posisi dan melarang penerbit iklan adware tertentu dari jaringan mereka. Hasilnya adalah Code of Conduct oleh Commission Junction / beFree and Performics, Addendum Add-on Iklan LinkShare yang Anti-Predatory, dan larangan aplikasi perangkat lunak ShareASale sebagai media untuk afiliasi untuk mempromosikan penawaran pengiklan. Terlepas dari kemajuan yang dibuat, adware terus menjadi masalah, seperti yang ditunjukkan oleh gugatan class action terhadap ValueClick dan perusahaan putrinya Commission Junction yang diajukan pada tanggal 20 April 2007.

Penawaran merek dagang
Afiliasi adalah salah satu pengiklan bayar per klik paling awal saat mesin pencari bayar per klik pertama muncul pada akhir tahun 1990an. Kemudian pada tahun 2000 Google meluncurkan layanan bayar per kliknya, Google AdWords, yang bertanggung jawab atas penggunaan dan penerimaan bayar per klik yang luas sebagai saluran iklan. Meningkatnya jumlah pedagang yang terlibat dalam iklan bayar per klik, baik secara langsung atau melalui agen pemasaran pencarian, dan menyadari bahwa ruang ini sudah ditempati oleh afiliasi mereka. Meskipun situasi ini sendiri menciptakan konflik saluran iklan dan perdebatan antara pengiklan dan afiliasi, afiliasi terbesar yang terkait dengan penawaran yang mengajukan penawaran atas nama, merek, dan merek dagang pengiklan. Beberapa pengiklan mulai menyesuaikan persyaratan program afiliasi mereka untuk melarang afiliasi mereka menawar jenis kata kunci tersebut. Namun, beberapa pemasang iklan dan masih merangkul perilaku ini, sejauh mengizinkan, atau bahkan mendorong, afiliasi untuk mengajukan tawaran pada istilah apa pun, termasuk merek dagang pengiklan.

Pengungkapan kompensasi
Blogger dan penerbit lainnya mungkin tidak mengetahui panduan pengungkapan yang ditetapkan oleh FTC. Panduan mempengaruhi dukungan menejer aktif, bahasa iklan, dan kompensasi blogger.

Kurangnya standar Perusahaan. Sertifikasi dan pelatihan
Pemasaran afiliasi saat ini tidak memiliki standar industri untuk pelatihan dan sertifikasi. Ada beberapa kursus pelatihan dan seminar yang menghasilkan sertifikasi; Namun, penerimaan sertifikasi semacam itu sebagian besar disebabkan oleh reputasi individu atau perusahaan yang menerbitkan sertifikasi. Pemasaran afiliasi tidak umum diajarkan di universitas, dan hanya beberapa instruktur perguruan tinggi yang bekerja dengan pemasar internet untuk mengenalkan subjek pada siswa jurusan pemasaran.
Pendidikan paling sering terjadi dalam "kehidupan nyata" dengan terlibat sebuah mimpi dan mempelajari rincian tata kelola seiring berjalannya waktu. Meskipun ada beberapa buku tentang topik ini, beberapa buku yang disebut "bagaimana dan untuk apa" atau "menembak sasaran"  untuk menginstruksikan pembaca memanipulasi celah lobang informasi dalam algoritme Google, yang dapat dengan cepat menjadi tidak berguna lagi, atau menyarankan strategi tidak lagi Disahkan atau diizinkan oleh pengiklan.
Perusahaan Manajemen Program Outsourcing biasanya menggabungkan pelatihan formal dan informal, memberikan sebagian besar pelatihan mereka melalui kolaborasi kelompok dan brainstorming. Perusahaan semacam itu juga mencoba mengirim setiap karyawan pemasaran ke konferensi usaha industri pilihan mereka. Sumber pelatihan lainnya yang digunakan biasanya meliputi forum online, weblog, podcast, seminar video, dan situs khusus.

Kode etik
Kode etik dilepaskan oleh jaringan afiliasi Commission Junction / beFree and Performics pada bulan Desember 2002 untuk memandu praktik dan kepatuhan terhadap standar etika untuk periklanan online.

Istilah pemasaran
Anggota usaha industri pemasaran merekomendasikan agar "pemasaran afiliasi" digantikan dengan nama alternatif. Pemasaran afiliasi sering dibingungkan dengan istilah pemasaran jaringan atau pemasaran multi level. Kinerja pemasaran adalah alternatif yang umum, namun rekomendasi lainnya telah dibuat juga. [Rujukan?]

Kerentanan pajak penjualan
Pada bulan April 2008, Negara Bagian New York memasukkan item dalam anggaran negara yang menyatakan yurisdiksi pajak penjualan atas penjualan Amazon.com kepada penduduk New York, berdasarkan adanya tautan afiliasi dari situs web berbasis di New York ke Amazon. Negara menegaskan bahwa bahkan satu afiliasi semacam itu merupakan Amazon yang memiliki kehadiran bisnis di negara bagian tersebut, dan cukup memungkinkan New York untuk melarang semua penjualan Amazon ke penduduk negara bagian. Amazon menantang amandemen tersebut dan kalah pada persidangan pada bulan Januari 2009. Kasus tersebut saat ini sedang berjalan melalui pengadilan banding New York.

Isian kue-kue
Penyisipan cookie melibatkan penempatan cookie pelacakan afiliasi di komputer pengunjung situs web tanpa sepengetahuan mereka, yang kemudian akan menghasilkan pendapatan bagi orang yang melakukan isian kue-kue. Ini tidak hanya menghasilkan penjualan afiliasi yang tidak benar, namun juga berpotensi menimpa cookie afiliasi lainnya, yang pada dasarnya mencuri komisi yang diperoleh secara sah.

Klik untuk mengungkapkan
Banyak situs web kode voucher menggunakan format klik untuk mengungkap, yang mengharuskan pengguna situs web mengeklik untuk mengungkapkan kode voucher. Tindakan mengklik tempat kuki di komputer pengunjung situs web. Di Inggris, Dewan Afiliasi IAB di bawah pimpinan Matt Bailey mengumumkan peraturan yang menyatakan bahwa "Afiliasi tidak boleh menggunakan mekanisme dimana pengguna didorong untuk mengeklik untuk berinteraksi dengan konten yang tidak jelas atau membingungkan apa hasilnya”.

Lihat juga. Perangkat lunak pelacakan afiliasi
Periklanan internet: E-mail spam, pemasaran e-mail, pemasaran pasca-klik, monetisasi situs web.
Metode periklanan: Penyaringan iklan, penayangan iklan, server iklan pusat, iklan munculan, periklanan kontekstual, spanduk web.
Taktik pemasaran: Pemasaran gerilya, strategi pemasaran, pemasaran penginjilan, pemasaran viral, pemasaran dari mulut ke mulut.
Mesin pencari: Search engine marketing (SEM), search engine optimization (SEO), bayar per klik, klik penipuan, paid inclusion
Perhitungan industri: Rasio klik per tayang (RKPT), biaya per tindakan (BPA), biaya per klik (BPK), biaya per tayangan (CPI), biaya per mille (BPS), biaya efektif per mille (BPSe).
Affiliate marketing adalah satu satu model bisnis atau cara menghasilkan income dari internet yang paling populer diantara pemula di internet marketing.
Jika Anda belum tahu apa itu affiliate marketing, silakan baca artikel yang saya tulis yang berjudul Apa itu Program Affiliate Marketing ?
Ini adalah satu satu model bisnis yang saya sarankan untuk Anda lakukan jika Anda belum mempunyai produk yang bagus untuk dijual. Seorang affiliate marketer yang sukses bisa menghasilkan puluhan ribu US dollar per bulannya atau Milyaran Rupiah per bulannya. Jadi jangan remehkan model bisnis yang sederhana ini.

Setiap model bisnis ada kelebihan dan kekurangan tetapi affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang bagus. Saya sendiri dulu awalnya belajar internet marketing, mulainya dari affiliate marketing. Setelah mengerti banyak, baru saya masuk ke berbagai model bisnis lainnya seperti Toko Online, Information Business dan lain-lain.


Ada 17 kelebihan atau keunggulan dari melakukan affiliate marketing dibanding usaha konvensional atau model bisnis yang lain. Sumber ide post ini dari salah seorang tulisan Top Affiliate Marketer luar negeri bernama Rosalind Gardner yang sempat saya pelajari di awal karir sebagai affiliate marketer.
Jadi apa 17 kelebihan affiliate marketing?
  1. Tidak ada biaya produksi – Tingginya biaya untuk mengembangkan dan membuat produk baru umumnya mencegah banyak orang untuk membuat produk sendiri. Dengan affiliate marketing, biaya produksi bukanlah sebuah masalah karena produk sudah dikembangkan dan sudah terbukti – dengan uang merchant.
  2. Biaya awal yang rendah – Dibandingkan dengan membangun sebuah toko di pinggir jalan, menjadi seorang affiliate marketer hanyalah sebuah meja, komputer yang terkoneksi internet dan beberapa software bantu.
  3. Tidak ada biaya atau lisensi – Seorang distributor di dunia nyata seringkali harus membayar biaya lisensi untuk dapat memasarkan produk di area tertentu yang terbatas. Program affiliate berkebalikan, umumnya gratis untuk bergabung dan area yang menjadi target pemasaran tidak terbatas.
  4. Dapat menjual apa saja – Di negara modern dan maju, hampir semua barang dibeli secara online. Di masyarakat negara berkembangpun banyak barang mulai dibeli secara online seperti buku, software, elektronik, CD dan lain-lain. Ada puluhan ribu program affiliate yang bisa Anda pilih untuk dipromosikan.
  5. Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual – Ketika anda memulai affiliate marketing, Anda tidak membutuhkan pengalaman sales. Umumnya merchant menyediakan materi marketing yang bagus yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat.
  6. Tidak perlu ada karyawan – Setiap orang yang pernah membuat bisnis pasti tahu bagaimana rasanya memiliki karyawan. Saya pribadi pernah memulai perusahaan yang memiliki hanya 2-3 karyawan sampai dengan perusahaan yang memiliki lebih dari 50 karyawan. Jika saya bisa memilih, saya ingin memiliki omset perusahaan besar, tanpa ada karyawan, hidup akan terasa lebih menyenangkan. Hal itu dimungkinkan dengan bisnis affiliate marketing.
  7. Tidak menanggung biaya pemrosesan order – Untuk memproses order secara online, merchant perlu membayar biaya merchant account, fee pemrosesan kartu kredit, fee bila terjadi kartu kredit fraud / curian, fee refund / pembatalan order dll. Sesuatu yang tidak perlu ditanggung atau dipusingin oleh seorang affiliate marketer.
  8. Tidak perlu ada stok barang – Sebagai seorang affiliate marketer, Anda dapat menjual item besar seperti furniture, barang elektronik tanpa perlu pusing dengan tempat stok barang.
  9. Tidak perlu memproses order – Lupakan masalah yang bisa timbul karena mengumpulkan nama, alamat, kartu kredit dan lain-lain. Merchant yang menghandle semua itu.
  10. Tidak perlu repot melakukan pengiriman – Biaya dan keruwetan untuk menyiapkan dan mengirim produk ke pelanggan di seluruh dunia benar-benar menakutkan saya. Saya pernah di bisnis produksi kaset training pembicara top di Indonesia. Saat order lagi banyak-banyaknya, saya harus lembur-lembur untuk menyiapkan dan mengirim barang ke pemesan walaupun saya sudah ada karyawan untuk membantunya.
  11. Tidak perlu ada Customer Service – Punya pelanggan adalah hal yang bagus, tetapi saat harus menghadapi komplain pelanggan dan kadang-kadang memang ada pelanggan yang benar-benar bawel dan cerewet, Anda akan bersyukur sebagai affiliate marketer karena merchant Anda yang harus menangani semua itu.
  12. Menghasilkan uang ketika anda tidur – Bisnis seperti apa yang memungkinkan Anda terus beroperasi 24 jam selama 365 hari walaupun Anda sedang tidur, pulang ke rumah dan bahkan liburan ?
  13. Pasar seluruh dunia – Internet adalah pasar terbesar di dunia. Anda bisa mendatangkan visitor / pengunjung ke toko online Anda dari seluruh dunia.
  14. Bekerja dari rumah – Bekerja dari rumah seringkali menjadi impian bagi banyak pekerja yang harus menghabiskan waktu lama hanya untuk sampai ke tempat kerja. Orangtua jadi punya waktu yang lebih banyak untuk keluarga saat bekerja dari rumah.
  15. Bekerja darimana saja di dunia – Ini adalah salah satu alasan utama saya melakukan affiliate marketing. Saya ingin travelling ke manca negara dan seluruh indonesia dan tetap bisa memonitor bisnis saya dengan sebuah laptop yang terkoneksi internet.
  16. Resiko kecil – Jika Anda tidak berhasil mendapat income dari produk yang Anda promosikan, buang saja, ganti denga produk lain dengan mengganti link di website Anda. Cuma itu saja. Tidak ada kontrak / komitmen yang mengharuskan Anda menjual produk tertentu.
  17. Potensi penghasilan yang besar – potensi income yang Anda hasilkan tergantung kerja keras Anda dan impian Anda. Seperti yang saya bilang di awal, ada affiliate marketer yang menghasilkan ratusan ribu US dollar atau Milyaran rupiah per bulan, bukan per tahun. Tetapi ada juga affiliate marketer yang puas dengan hasilkan sepuluh juta rupiah per bulannya. Itu pilihan Anda sendiri.

Walaupun punya 17 kelebihan diatas, affiliate marketing bukannya tidak ada kekurangan. Sudah saya bahas pada tulisan diatas tentang kekurangan model bisnis ini. Ada banyak materi untuk belajar affiliate marketing di internet, silakan masuk embah google saja. Anda pasti akan mabuk melihat betapa banyak materi gratis yang bisa dipelajari mengenai topik program affiliasi.


Comments

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SIULAN TRIBUN MANIA ||| siulantribunmania@gmail.com

☇POPULAR POST

AL-GHAZALI DAN JIDAT HITAM

MAN ARAFAH NAFSAHU FAKAD ARAFAH RABBAHU

SELAMAT ULANG TAHUN , OM CHARLES!

JALALUDDIN RUMI MENGGAPAI CINTA ILAHI DENGAN MENARI

KATA PENGANTAR : APA ITU BLOGGER DAN LATAR BELAKANG SEJARAHNYA

👀FOLLOWERS