STRUKTUR ORGANISASI NYATA PENTING DAN MANFAAT

Struktur Organisasi

Pada umumnya, suatu organisasi formal mempunyai struktur yang jelas dan nyata yang tersusun atas pemimpin atau ketua, sekretaris, bendahara, ketua bidang dan anggota bidang. Untuk organisasi yang lebih gemuk dalam strukturnya menambahkan wakil pada setiap presidium seperti wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendahara, wakil ketua bidang.
Dalam struktur organisasi, memiliki nama struktur yang berbeda-beda tergantung dari kesepakatan orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut, karena terdapat nama struktur  dalam sebuah organisasi dimana ketua bidang setara dengan koordinator bidang, tetapi semuanya memiliki kesamaan.
Kemudian, pada organisasi berbasis perusahaan tentunya memiliki struktur yang berbeda-beda seperti ada direktor komisaris, direktor, manajer, supervisor, konsultan, anggota dan yang lainya.

Pentingnya Organisasi

Dewasa ini, perkembangan dinamika sosial (masyarakat) yang semakin rumit hadir didalam masyarakat menuntut kepada setiap individu untuk bisa melakukan proses adaptasi agar tidak menjadi hambatan dalam mewujudkan tatanan masyarakat ideal
Hanya saja dalam mewujudkan tatanan masyarakat ideal perlu adanya kesatuan pahaman, namun di realitasnya ternyata setiap individu memiliki pandangan tersendiri mengenai tatanan yang ideal seperti apa yang mesti dilakukan dalam masyarakat. Banyaknya individu seperti inilah yang akhirnya membuat pergolakan dalam masyarakat semakin rumit sehingga menimbulkan persengketaan yang berkepanjangan dalam ranah sosial, salah satu contohnya seseorang akan memberikan reaksi negatif terhadap individu lain ketika berbeda pandangan (idea) dan kelompok (organisasi), bisa kita lihat adanya tawuran antara pendukung kelompok A dan kelompok B.

Manfaat Organisasi

Mengikuti dan menjadi anggota dalam organisasi memiliki manfaat antara lain sebagai berikut :
  1. Tercapainya sebuah tujuan
  2. Melatih mental bicara di publik
  3. Mudah memecahkan masalah
  4. Melatih leadership
  5. Memperluas pergaulan
  6. Kuat dalam menghadapi tekanan
  7. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
  8. Membentuk karakteristik dengan seseorang
  9. Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
  10. Sebagai ajang dalam pembelajaran kerja yang sebenarnya. Baca juga Hubungan-dan-alasan-utama-manajemen


Comments

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SIULAN TRIBUN MANIA ||| siulantribunmania@gmail.com

☇POPULAR POST

AL-GHAZALI DAN JIDAT HITAM

MAN ARAFAH NAFSAHU FAKAD ARAFAH RABBAHU

SELAMAT ULANG TAHUN , OM CHARLES!

JALALUDDIN RUMI MENGGAPAI CINTA ILAHI DENGAN MENARI

KATA PENGANTAR : APA ITU BLOGGER DAN LATAR BELAKANG SEJARAHNYA

👀FOLLOWERS