Hubungan Manajemen dan Organisasi
Manajemen sangat berhubungan erat dengan organisasi artinya tidak ada sebuah organisasi tanpa ada manajemen sehingga organisasi tersebut adalah tempat manajemen itu akan berperan aktif karena organisasi membutuhkan pengolahan, penyusunan, pengarahan dan pengawasan yang diperuntukan mendapat suatu kesatuan tujuan utama dari organisasi itu sendiri jadi organisasi tanpa manajemen yang baik akan mengakibatkan rutinitas organisasi tidak dapat bertahan lama atau dengan kata lain akan pincang jika salah satunya hilang.
Contoh Hubungan Manajemen dan Organisasi
Contohnya Koperasi, seperti yang kita ketahui koperasi adalah lembaga yang di operasikan dengan kepengurusan dan keanggotaan organisasi yang jelas dan barang atau jasa yang disediakan juga untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Hal ini dapat berjalan karena adanya Kepengurusan atau Kepemimpinan, Perencanaan, Penataan dan Pengawasan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan dalam Organisasi dalam hal ini koperasi dapat berjalan dengan baik karena adanya manajemen yang baik pula.
Manajemen Dalam Organisasi
Manajemen adalah suatu kegiatan yang digunakan harus mengatur semuanya dengan baik, agar dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu manajemen dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting. Karena dengan adanya manajemen kita bisa mengatur semua kegiatan agar dapat dilakukan dengan efesien dan efektif.
Tanpa adanya manajemen kegiatan kita dalam kehiidupan sehari-hari akan tidak teratur. Manajemen dikatakan penting dalam menjalankan kegiatan organisasi, pada dasarnya :
- Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri sehingga diperlukan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya.
- Suatu organisasi akan berhasil guna dan berdaya guna.
- Manajemen yang baikm dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki.
- Manajemen yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan.
- Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi.
- Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi.
- Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisasi, komunikasi yang kontruktif, seimbang, searah saling menghormati, dan menghargai mencintai sebagai tujuan dapat dioptimalkan.
- Manajemen diperlukan untuk kemajuan, dan pertumbuhan juga perkembangan agar lebih baik lagi.
- Dasar (persyaratan) supaya manajemen dapat diterapkan ?
- Manajemen pada dasarnya baru dapat diterapkan, jika :
- Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan dicapai.
- Ada kerjasama diantara sekelompok orang dalam ikatan formal dan ikatan tata tertib yang baik.
- Ada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
- Ada Hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib.
- Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan.
- Ada organisasi untuk melakukan kerjasama.
- Ada wewenang (authority) dan responsibility dari setiap individu anggota.
- Ada koordinasi, integrasi dan sinkronisasi (KIS) dari setiap proses manajemen tersebut
- Ada pemimpin/pengatur dan bawahan yang akan diatur.
- Ada relationship in organization dan human organization.
ALASAN UTAMA MANAJEMEN DIBUTUHKAN DALAM SUATU ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN
Untuk memudahkan pencapaian tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu yang ada dalam organisasi tersebut. Semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.
1) Tujuan Sosial
Tujuan sosial manajemen adalah agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.
2) Tujuan Organisasional
Tujuan organisasional adalah sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.
3) Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
4) Tujuan Individual
Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.
Ada tujuan tertentu, betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya daripada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik. Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- arus ada orang-orang yang bekerja sama.
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai. Baca juga Prinsip-teori-manajemen-aliran-klasik
Comments
Post a Comment
TERIMAKASIH KEPADA ANDA JIKA BERKENAN BERKOMENTAR BLOG INI.....