Apa itu Manajemen Strategis?
Manajemen
strategis adalah manajemen sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan dan
sasarannya. Manajemen strategis melibatkan pengaturan tujuan, menganalisis
lingkungan yang kompetitif, menganalisis organisasi internal, mengevaluasi
strategi dan memastikan bahwa manajemen menggulirkan strategi di seluruh
organisasi. Pada intinya, manajemen strategis melibatkan identifikasi bagaimana
organisasi bertumpuk dibandingkan dengan pesaingnya dan mengakui peluang dan
ancaman yang dihadapi organisasi, baik mereka berasal dari dalam organisasi
atau dari pesaing.
BREAKING
DOWN 'Manajemen Strategis'
Manajemen
strategis dibagi menjadi beberapa sekolah pemikiran. Pendekatan preskriptif
terhadap manajemen strategis menguraikan bagaimana strategi harus dikembangkan,
sementara pendekatan deskriptif berfokus pada bagaimana strategi harus
dipraktekkan. Sekolah-sekolah ini berbeda apakah strategi dikembangkan melalui
proses analitik di mana semua ancaman dan peluang dipertanggungjawabkan, atau
lebih seperti prinsip panduan umum yang akan diterapkan.
Budaya
bisnis, keterampilan dan kompetensi karyawan, dan struktur organisasi merupakan
faktor penting yang mempengaruhi bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan
yang dinyatakannya. Perusahaan yang tidak fleksibel mungkin merasa sulit untuk
berhasil dalam lingkungan bisnis yang berubah. Menciptakan penghalang antara
pengembangan strategi dan penerapannya dapat menyulitkan manajer untuk
menentukan apakah tujuan telah dipenuhi secara efisien.
Meskipun
manajemen tingkat atas organisasi pada akhirnya bertanggung jawab atas
strateginya, strategi itu sendiri sering dipicu oleh tindakan dan ide dari
manajer dan karyawan tingkat bawah. Suatu organisasi mungkin memiliki beberapa
karyawan yang dikhususkan untuk strategi daripada bergantung pada chief
executive officer (CEO) untuk bimbingan. Karena kenyataan ini, pemimpin
organisasi fokus pada belajar dari strategi masa lalu dan memeriksa lingkungan
secara luas. Pengetahuan kolektif kemudian digunakan untuk mengembangkan
strategi masa depan dan untuk memandu perilaku karyawan untuk memastikan bahwa
seluruh organisasi bergerak maju. Untuk alasan ini, manajemen strategis yang
efektif memerlukan perspektif ke dalam dan ke luar.
Manajemen Strategis dalam Praktek
Membuat perusahaan yang mampu bersaing adalah tujuan manajemen strategis. Untuk itu, menempatkan rencana manajemen strategis ke dalam praktik adalah aspek paling penting dari perencanaan itu sendiri. Rencana dalam praktek melibatkan mengidentifikasi tolok ukur, sumber daya yang menyelaraskan - keuangan dan manusia - dan menempatkan sumber daya kepemimpinan di tempat untuk mengawasi penciptaan, penjualan, dan penyebaran produk dan layanan. Manajemen strategis meluas ke praktik komunikasi internal dan eksternal serta pelacakan untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi tujuan sebagaimana didefinisikan dalam rencana manajemen strategisnya.
Misalnya, universitas teknik nirlaba ingin meningkatkan pendaftaran siswa baru dan kelulusan siswa yang terdaftar selama tiga tahun ke depan. Tujuannya adalah untuk membuat perguruan tinggi yang dikenal sebagai pembelian terbaik untuk uang siswa di antara lima perguruan tinggi nirlaba di wilayah tersebut, dengan tujuan meningkatkan pendapatan. Dalam hal ini, manajemen strategis berarti memastikan bahwa sekolah memiliki dana untuk membuat ruang kelas teknologi tinggi dan mempekerjakan instruktur yang paling berkualitas. Perguruan tinggi juga berinvestasi dalam pemasaran dan rekrutmen dan menerapkan strategi retensi siswa. Kepemimpinan perguruan tinggi menilai apakah sasarannya telah dicapai secara berkala.
in English language
What is 'Strategic Management?'
Strategic management is the management of an organization’s resources to achieve its goals and objectives. Strategic management involves setting objectives, analyzing the competitive environment, analyzing the internal organization, evaluating strategies and ensuring that management rolls out the strategies across the organization. At its heart, strategic management involves identifying how the organization stacks up compared to its competitors and recognizing opportunities and threats facing an organization, whether they come from within the organization or from competitors.
BREAKING DOWN 'Strategic Management'
Strategic management is divided into several schools of thought. A prescriptive approach to strategic management outlines how strategies should be developed, while a descriptive approach focuses on how strategies should be put into practice. These schools differ over whether strategies are developed through an analytic process in which all threats and opportunities are accounted for, or are more like general guiding principles to be applied.
Business culture, the skills and competencies of employees, and organizational structure are important factors that influence how an organization can achieve its stated objectives. Inflexible companies may find it difficult to succeed in a changing business environment. Creating a barrier between the development of strategies and their implementation can make it difficult for managers to determine whether objectives were efficiently met.
While an organization’s upper management is ultimately responsible for its strategy, the strategies themselves are often sparked by actions and ideas from lower-level managers and employees. An organization may have several employees devoted to strategy rather than relying on the chief executive officer (CEO) for guidance. Because of this reality, organization leaders focus on learning from past strategies and examining the environment at large. The collective knowledge is then used to develop future strategies and to guide the behavior of employees to ensure that the entire organization is moving forward. For these reasons, effective strategic management requires both an inward and outward perspective.
Strategic Management in Practice.
Making companies able to compete is the purpose of strategic management. To that end, putting strategic management plans into practice is the most important aspect of the planning itself. Plans in practice involve identifying benchmarks, realigning resources – financial and human – and putting leadership resources in place to oversee the creation, sale, and deployment of products and services. Strategic management extends to internal and external communication practices as well as tracking to ensure that the company meets goals as defined in its strategic management plan.
For example, a for-profit technical college wishes to increase enrollment of new students and graduation of enrolled students over the next three years. The purpose is to make the college known as the best buy for a student's money among five for-profit technical colleges in the region, with a goal of increasing revenue. In this case, strategic management means ensuring that the school has funds to create high-tech classrooms and hire the most qualified instructors. The college also invests in marketing and recruitment and implements student retention strategies. The college’s leadership assesses whether its goals have been achieved on a periodic basis.
Comments
Post a Comment
TERIMAKASIH KEPADA ANDA JIKA BERKENAN BERKOMENTAR BLOG INI.....