CARA KUNCI BERTAHAN DIBISNIS KULINER

Kunci Bertahan Di Bisnis Kuliner Valle Pizza e-Resto Semarang
Kunci bertahan di bisnis kuliner bukan hal yang mudah. Apalagi harus ganti brand. Namun, General manager Valle Pizza e-Resto, Made Chandra Dewi mampu membuktikannya. Ia mengungkapkan bahwa sebelum ada Valle, telah berdiri Pizza Cafe sejak tahun 2010.

Namun saat itu hanya frenchise dan belum banyak resto di semarang. Kemudian pada tahun 2014, ia membuka brand mandiri dengan nama Valle Pizza e-Resto, tempat kuliner yang berkonsep resto dan cafe sudah banyak.

Bisnis di bidang kuliner, maupun di bidang yang lain, jelas memerlukan persiapan. Bukan soal besar kecilnya modal tapi strategi dan membaca peluang.

Selain itu, harus mampu membaca karakter masyarakat sekitar, akses jalan, lokasi, peluang dan daya beli. Tidak bisa untuk bisnis kuliner hanya mengandalkan modal saja. Bisa-bisa hanya bertahan sebentar usahanya.
 

Tips Dan Kiat Kunci Bertahan  Di Bisnis Kuliner

VALLE PIZZA e RESTO via @semarangfoodhunter
Untuk membuat pelanggan lama tetap percaya pada Valle Pizza e-Resto, melakukan beberapa langkah yang diambil. Diantaranya, mempertahankan beberapa menu lama dan menjaga mutu bahan baku. Sementara untuk menu lama yang sudah tidak diminati pelanggan, diganti dengan menu baru yang sesuai inovasi dan konsep.
Berikut ini tips dan kiat kunci  bertahan  di bisnis kuliner Valle Pizza e-Resto, yaitu:

1. Harga
Untuk menentukan harga harus melalui survey sebelum harga ditentukan. Ada cara untuk melakukan survey, yaitu dengan mencari tempat makan siang yang ada daya belinya. Nah, itu nanti sebagai acuan harga. Nantinya, tak perlu takut atau khawatir kemahalan dalam menentukan harga menunya.

2. Karyawan
Valle Pizza e-Resto memperlakukan keryawan-karyawannya sebagai anak-anak sendiri. tak hanya itu saja, di sana mengedepankan kekeluargaan, bahkan, kalau misalnya ada karyawan yang tidak masuk karena sakit, maka manager akan menjenguk ke rumahnya, sehingga akan terjalin rasa tali kekeluargaan makin erat.

3. Pelayanan Konsumen
Tidak hanya terhadap karyawan. Valle Pizza e-Resto menganggap konsumen sebagai keluarga. Itu sebabnya, karyawan harus bisa membuat konsumen yang datang nyaman dan suka berada di Valle Pizza e-Resto. Hal itu bisa dilakukan dengan hal yang sederhana. Misalnya, bercanda, mengajak ngobrol sehingga konsumen atau pelanggan merasa seperti di rumah sendiri.
Kemudian setelah selesai makan, konsumen ditanya tentang rasa menu yang disajikan. Hal tersebut juga bisa memunculkan ide inovasi baru yang datang dari konsumen. Karena beberapa konsumen itu kan ada yang penyuka kuliner sehingga bisa jadikan pertimbangan.

4. Mengatasi Komplain
Komplain konsumen tentu ada. Di Valle Pizza e-Resto kebanyakan komplain yang terjadi karena lama menunggu. Hal ini terjadi saat pengunjuk banyak hingga harus Antre. Maka penanganannya dengan membatasi waktu penyajian. Misalnya pesanan A harus jadi dalam 15 menit. Intinya harus ada batasan waktu untuk memasak menu masakan.
Disamping itu, jika ada konsumen yang harus antri menunggu lama, maka akan memperoleh bonus menu tunggu yaitu voucher coba lagi. Jika pelanggan datang lagi untuk makan maka akan gratis dengan menu yang sama dengan pesanan tempo hari. Demikianlah Cara dan kunci bertahan di bisnis kuliner. salam sukses!! Baca juga Ide-bisnis-ini-cocok-dijalankan


Comments

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SIULAN TRIBUN MANIA ||| siulantribunmania@gmail.com

☇POPULAR POST

MAN ARAFAH NAFSAHU FAKAD ARAFAH RABBAHU

AL-GHAZALI DAN JIDAT HITAM

SELAMAT ULANG TAHUN , OM CHARLES!

JALALUDDIN RUMI MENGGAPAI CINTA ILAHI DENGAN MENARI

KATA PENGANTAR : APA ITU BLOGGER DAN LATAR BELAKANG SEJARAHNYA

👀FOLLOWERS